web 2.0

Sunday 27 December 2009

Belaja Neraca Lajur

KERTAS KERJA/ NERACA LAJUR (WORKSHEET)Suatu kertas kerja (Worksheet) yang digunakan untuk meringkas penyesuaian, dan membantu menyiapkan laporan keuangan. Neraca lajur terdiri dari 10 kolom;
Kolom Awal (keterangan tentang akun/rekening)
Dua Kolom Pertama (Neraca Saldo)
Dua Kolom Kedua (Kolom Penyesuaian)
Dua Kolom Ketiga (Kolom setelah Penyesuaian)
Dua Kolom Keempat (Kolom Laba-Rugi)
Dua Kolom Kelima (Kolom Neraca)

Belajar Laporan Keuangan

Laporan Keuangan:
1. Laporan Laba-Rugi (Income Statement). Suatu ringkasan pendapatan dan beban (revenue dan expenses) dalam periode waktu tertentu seperti bulan atau tahun.
2. Laporan Perubahan Modal (Statement of Owner’s Equity). Ringkasan perubahan pemilikan dalam modal pemilik (bertambah atau berkurang) selama periode tertentu (bulan atau tahun).
3. Neraca (Balance Sheet). Suatu daftar aktiva, kewajiban, dan modal pada tanggal tertentu (bulan atau tahun).

Pengertian akuntansi Dasar

AKUNTANSI: Suatu sistem informasi yang menyediakan laporan untuk berbagai individu atau kelompok aktivitas ekonomi dari suatu organisasi atau entitas lain.

PROFESI AKUNTAN:
1. Akuntan Publik (akuntan yang bekerja dalam suatu bisnis)
2. Akuntan Manajemen (akuntan yang bekerja sebagai staff dalam suatu perusahaan)